Tipe Data Dalam Bahasa Pemrograman C++ Lengkap

Kali ini kami akan membahas mengenai tipe data dalam bahasa pemrograman C++. Tipe data di dalama bahasa pemrograman C++ terdiri dari tipe data dasar dan tipe data bentukan..
Tipe data berfungsi untuk merepresentasikan jenis dari nilai yang terdapat dalam program. Sebagai contoh kita mempunyai suatu data dengan nilai 5, maka 5 termasuk ke dalam bilangan bulat. Begitu juga jika terdapat data yang bernilai "Program C++", maka data tersebut dikategoikan ke dalam tipe teks (dalam pemrograman teks disebut string). Pada saat pendeklarasian suatu variabel, kita perlu menyebutkan tipe data dari variabel tersebut.

Kesalahan dalam menyebutkan tipe data akan menyebabkan program yang kita buat tidak dapat dijalankan. Kalaupun dapat dijalankan, program akan memberikan nilai yang tidak akurat sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu, kita harus pandai menentukan tipe data yang akan digunakan sesuai kebutuhan program yang kita buat.

1. Tipe Data Dasar
Dalam C++ terdapat beberapa tipe data dasar yang telah didefinisikan, yaitu yang digolongkanke dalam tipe data bilangan bulat (integer), bilangan rill (floating-point), tipe logika (boolean), dan tipe karakter. Tipe-tipe tersebut adalah tipe yang siap digunakan tanpa harus didefinisikan terlebih dahulu.

a. Tipe bilangan bulat
Tipe data ini digunakan untuk merepresentasikan data numerik yang berupa bilangan bulat, yaitu bilangan yang tidak mengandung angka di belakang koma. Contoh data bilangan bulat adalah 15, 3, 29, dan sebagainya. Tipe data yang termasuk dalam kategori bilangan bulat terdapat pada tabel dibawah ini.

b. Tipe Bilangan Riil
Tipe ini adalah tipe yang merepresentasikan data-data bilangan yang mengandung angka di belakang koma, misalnya 3.14, 20.03, dan sebagainya. Adapun tipe data yang termasuk ke dalam kategori ini adalah seperti yang ditunjukkan pada tabel di bawah ini.






c. Tipe Logika
Tipe ini merepresentasikan data-data yang hanya mengandung dua buah nilai, yaitu nilai logika (boolean). Nilai logika itu sendiri hanya terdiri dari nilai benar (direpresentasikan dengan nilai 1) dan salah (direpresentasikan dengan nilai 0). Dalam C++ standar, tipe ini telah dinyatakan dalam tipe bool, yang nilainya dapat berupa true (benar) atau false (salah).

d. Tipe Karakter
Tipe ini digunakan untuk merepresentasikan data bertipe karakter, seperti 'A', 'a', '2', '&', dan lainnya. Dalam C++, tipe karakter akan selalu diapit oleh tanda petik tunggal. Satu karakter yang diapit oleh petik ganda akan dianggap sebagi string. Berikut adalah tabel yipe karakter.








2. Tipe Data Bentukan
Tipe data bentukan adalah tipe data yang dibuat sendiri sesuai kebutuhan dalam program yang akan kita buat. Tipe ini lebih dikenal dengan sebutan dalam bahasa asing , yaitu user defined types. Adapun yang termasuk ke dalam tipe data bentukan adalah array, struktur dan enumerasi, termasuk string.

a. Tipe Struktur
Struktur adalah tipe data bentukan yang menyimpan lebih dari satu variabel bertipe sama maupun berbeda. Dalam C++ kita harus mendeklarasikannya menggunakan kata kunci struck.

b. Tipe Array
Tipe Array digunakan untuk merepresentasikan kumpulan data sejenis atau data yang bertipe sama. Banyaknya data ditentukan dengan menyebutkan nilai di dalam tanda bracket [].

c. Tipe Enumerasi
Tipe enumerasi adalah tipe data yang nilainya terbatas pada nilai-nilai yang telah didefinisikan saja. Tipe enumerasi digunakan untuk membentuk tipe data yang nilainya bersifat pasti. Misalnya untuk mendefinisikan jenis kelamin, nama hari, warna primer, dan sebagainya.

d. Tipe String
Tipe string digunakan untuk merepresentasikan data yang berupa teks (Kumpulan karakter). Contoh data string adalah "Master", "C++", dan sebagainya.

Semoga tutorial dari kami bisa bermanfaat untuk anda.
Sekia dan terima kasih :) 

Share this

Latest
Previous
Next Post »