Software Absensi GajiHub Permudah HR Hitung Gaji Karyawan

TeknologiBisnis.com - Bagi pekerja kantoran atau pun buruh pabrik, pasti tidak asing dengan absensi kehadiran. Penggunaan absensi tersebut bertujuan untuk melihat ketepatan waktu kehadiran karyawan serta produktivitas pegawai dalam bekerja.

Software Absensi GajiHub membantu mempermudah HR mengitung Gaji Karyawan

Software Absensi Permudah Hitung Gaji Karyawan

Bicara tentang absensi, teringat beberapa tahun yang lalu saat saya bekerja di salah satu perusahaan. Saat itu untuk memonitor kehadiran karyawan masih menggunakan sistem sensor sidik jari, yakni dengan menggunakan mesin fingerprint.

Proses kerja mesin tersebut sederhana, setiap karyawan harus mendaftarkan sidik jari ke dalam sistem mesin absen fingerprint. Setelah sidik jari terdaftar, karyawan dapat menggunakan mesin absen fingerprint untuk melakukan absensi kehadiran harian.

Selanjutnya saat absensi, karyawan menempelkan jari mereka pada sensor mesin absen, kemudian mesin akan membaca dan memverifikasi sidik jari dengan data yang telah tersimpan di dalam database. Jika sidik jari terverifikasi, maka mesin akan mencatat kehadiran karyawan di dalam sistem.

Melalui mesin fingerprint, data kehadiran akan tersimpan pada sistem, dan HR mengumpulkan data kehadiran tersebut untuk diolah kembali. Sayangnya proses pengolahan data absensi menggunakan fingerprint ini masih banyak kekurangannya.

Untuk menghitung jumlah kehadiran hingga memverifikasi status karyawan yang alpa, sakit atau cuti, HR masih harus menghitung ulang secara manual. Padahal seharusnya absensi karyawan harus terhubungan dengan gaji karyawan secara otomatis.

Pesatnya teknologi saat ini, kemajuan teknologi absensi karyawan pun ikut berkembang. Pada perusahaan tertentu, mesin absensi fingerprint hampir tidak digunakan lagi. Sekarang banyak perusahaan beralih menggunakan absensi berbasis aplikasi, salah satunya yaitu software absensi GajiHub.

Dengan menggunakan aplikasi absensi dari GajiHub banyak memberikan kemudahan bagi perusahaan. Divisi HR (Human Resources) tidak perlu repot lagi menghitung gaji karyawan secara manual dalam proses rekapitulasi absen untuk penggajian karyawannya.

Berikut ini beberapa kelebihan penggunaan software absensi GajiHub bagi perusahaan untuk membantu proses penggajian rutin bulanan karyawan.

1. Presensi dengan GPS

Dengan aplikasi absensi GajiHub berbasis GPS, absensi karyawan dapat dilihat secara realtime dan keakuratan lokasi dapat diketahui secara tepat. Dengan menggunakan aplikasi absensi ini, data absensi akan terpantau secara akurat sesuai lokasi absensi dengan dukungan GPS dan foto selfie.

Presensi dengan GPS dan Fitur Face Recognition

2. Face Recognition

Untuk menghindari upaya penipuan identitas dari karyawan yang nakal, aplikasi absensi GajiHub telah dilengkapi dengan fitur face recognition. Dengan fitur tersebut, wajah pengguna dapat terdeteksi secara langsung dari aplikasi absensi.

Dengan begitu ke-validan data kehadiran karyawan lebih modern, dan mudah digunakan sehingga dapat meminimalisir dari tindak kecurangan karyawan.

3. Dilengkapi dengan Fitur Abuse Detection

Salah satu faktor penentu majunya perusahaan adalah dengan kedisiplinan dari karyawannya. Disiplin kehadiran karyawan dapat terlihat melalui aplikasi absensi ini. Software absensi GajiHub sudah dilengkapi dengan software abuse detection yang dapat melacak GPS, IP address dan face recognition yang sudah dibenamkan pada sistem.

Ketika ada karyawan yang menggunakan fake GPS atau Fake IP Address maka sistem presensi akan menolak kehadiran karyawan tersebut. Software absensi ini sangat sesuai untuk diterapkan dan mengantisipasi karyawan nakal terhadap sistem kehadiran.

4. Approval Presensi, Cuti dan Izin Secara Online

Sebelum menggunakan aplikasi absensi GajiHub, proses pengajuan cuti karyawan dilakukan dengan menggunakan form cuti yang dikirim manual ke HR, dengan adanya software absensi GajiHub semuanya bisa dilakukan secara online.

Karyawan dapat mengajukan cuti secara online dari handphone yang sudah terinstall GajiHub. Perusahaan atau tim HR lebih mudah melakukan menyetujui pengajuan presensi, cuti, dan izin karyawan di GajiHub dengan mudah dan memastikan semua informasi tercatat dengan baik.

5. Mudah Mengatur Jadwal Kerja

Karyawan di pabrik pastinya familiar dengan sistem kerja shift dan rotasinya. Bahkan biasanya dalam satu shift rotasi terdiri atas 4 tim (masing-masing waktu kerja 8 jam) dengan pembagian, 1 tim kerja pagi, 1 tim kerja siang, 1 tim kerja malam dan 1 tim status off (libur). Dengan sistem kerja shifting seperti ini pastinya butuh pengaturan jadwal agar semua berjalan dengan baik dan lancar.

Melalui aplikasi kehadiran karyawan ini, pengaturan jadwal pun sangat mudah dilakukan. Tinggal atur dan setting jadwalnya sesuai jumlah tim dan jam kerjanya maka otomatis akan terhubung dengan jadwal di handphone karyawan dengan begitu karyawan dapat melihat jadwal masuk shiftnya melalui smartphone.

6. Atur Pengelolaan Lembur dan Kunjungan Klien

Dulu, saat melakukan perjalanan dinas atau kunjungan klien, karyawan tidak bisa melakukan presensi kehadiran di kantor. Begitupun ketika dibutuhkan kerja lembur saat berada di luar perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi GajiHub, otomatis absensi perjalanan dinas dan lembur dapat terekapitulasi secara langsung menggunakan sistem approval.

7. Terintegrasi dengan Fitur Payroll

Presensi karyawan pastinya berhubungan langsung dengan sistem payroll. Karena jumlah kehadiran menentukan besaran gaji yang akan dibayarkan untuk setiap bulan berjalan.

Software Absensi GajiHub sudah Terintegrasi dengan Fitur Payroll

Dengan menggunakan aplikasi absensi GajiHub, penghitungan gaji karyawan jauh lebih mudah dan cepat karena terintegrasi langsung dengan presensi karyawan. Termasuk didalamnya perhitungan cuti, lembur, izin dan lain-lain. Semuanya dilakukan secara otomatis tanpa perlu manual lagi.

Kesimpulan

Dengan hadirnya software absensi GajiHub, proses absensi karyawan dapat membantu mempermudah perusahaan dalam menghitung gaji karyawan. Divisi HR dapat mengontrol serta menghitung payroll berdasarkan waktu kehadiran karyawan.

Baca juga:

Fitur clock-in dan clock-out online yang terdapat pada aplikasi tersebut dapat memudahkan presensi karyawan. Penghitungan gaji dapat dilakukan lebih cepat dan mudah karena sistem rekap absensi dan payroll terintegrasi dalam satu aplikasi. Semua kontrol presensi dapat berjalan cepat dan akurat dengan aplikasi mobile gratis dan terintegrasi dari GajiHub.

Posting Komentar

0 Komentar